Rabu, 07 Januari 2015

 
Dec 16, 2014
     table_add Komen    email_go E-mail ke teman    share Bookmark & Share
RumahCom – Kondisi ekonomi dan regulasi pemerintah yang menaikkan harga BBM dan TDL, membuat sektor perumahan mengalami tekanan. Pasokan rumah murah diprediksi semakin terbatas akibat harga tanah dan biaya produksi yang semakin tinggi, sementara segmen menengah-atas pun mulai menunjukkan kejenuhan sepanjang 2014.
Pergerakan justru akan terjadi dari arus modal asing yang datang ke Tanah Air. Hal ini juga dipicu oleh melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika.
“Arus investasi dari Asia tahun ini mulai datang, khususnya dari Korea, Jepang, dan China. Ketika pasar ekspor diperkirakan akan naik, beberapa kawasan industri telah diincar para investor tersebut. Belum lagi tahun 2015 Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dimulai. Hal ini tentu akan membuat pemerintahan Jokowi-JK lebih fokus pada pembangunan infrastruktur sebagai penunjang,” papar Ali Tranghanda, Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch.
Oleh karena itu, imbuhnya, kawasan industri akan segera bangkit. Wilayah-wilayah dengan economic base kawasan industri diperkirakan akan mengalami tren naik di 2015. Tidak hanya sektor industri, properti komersial penunjang di wilayah tersebut pun akan ikut naik, antara lain pasar hunian untuk para ekspatriat dan pergudangan.
Dengan adanya poros industri sepanjang Pulau Jawa, lanjut Ali, pasar kawasan industri akan bergerak mulai Cikarang hingga Surabaya. Selain itu, zona-zona industri di luar Jawa, khususnya Indonesia bagian Timur, pun akan segera menjadi incaran para investor.
“Bila skenario perkiraan tersebut benar, maka pergerakan siklus ini umumnya akan dilanjutkan dengan meningkatnya permintaan pasar perkantoran. Karenanya, pada 2016 diperkirakan akan terjadi market recovery, dimulai dengan peningkatan di sektor ruang perkantoran,” jelasnya.
Anto Erawan
Penulis adalah editor Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:antoerawan@rumah.com atau melalui Twitter: @AntoSeorang
Foto: Anto Erawan
Artikel Terkait:
     table_add Komen    email_go E-mail ke teman    share Bookmark & Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar