Kamis, 25 Oktober 2012

TATA LETAK SEPTIC TANK SESUAI FHENGSUI

RumahCom - Pada umumnya, sebuah rumah memerlukan lubang pembuangan kotoran atau septic tank. Lubang ini sangat penting kedudukannya dalam ilmu fengsui, sehingga peletakannya mesti disesuaikan, agar tidak mendatangkan hal-hal buruk bagi para penghuninya.

Sidhi Wiguna Teh mengatakan, menurut perhitungan fengsui, untuk meletakkan septic tank di dalam sebuah rumah, terlebih dahulu kita harus melakukan perhitungan terhadap penghuni, terutama kepala keluarga. Perhitungan dilakukan berpatokan dengan tanggal lahir (kua). “Septic tank harus diletakkan di posisi negatif dari rumah,” tutur Pakar Fengsui ini. 

Misalnya kepala keluarga memiliki kua 8, atau masuk dalam kelompok Barat. Sektor yang bagus bagi pemilik kua ini adalah Barat, Barat Daya, Barat Laut, dan Timur Laut. Septic tank sebaiknya diletakkan di sisi Tenggara atau Timur. 

Belakangan, beberapa perumahan yang dibangun menyediakan septic tank di halaman depan rumah. Oleh beberapa konsumen hal tersebut dinilai jelek, tetapi dari kacamata fengsui hal tersebut belum tentu buruk. Menurut Sidhi Wiguna, kendati terletak di depan rumah, mungkin saja letak septic tank ada di kotak negatif. 

“Misalnya, menurut kua kepala keluarga masuk dalam kelompok Barat, sementara rumah menghadap Timur Laut—arah yang bagus untuk kelompok Barat. Kotak negatif rumah ada di Timur dan Utara, jadi jika septic tank diletakkan di situ, no problem,” jelas Sidhi. 

Selain itu, jarak sumur dengan septic tank juga perlu diperhatikan agar tidak terjadi pencemaran sumur oleh septic tank. “Tetapi jika kita lihat belakangan ini, sumur yang digunakan adalah sumur pompa yang dibuat dengan menanam pipa ke kedalaman tanah, maka jarak sumur denganseptic tank tidak perlu terlalu jauh. Pasalnya, kedalaman tanah bisa menjadi filter yang luar biasa bagus. Sementara itu, teknologi septic tank pun sudah bagus, sehingga kemungkinan bocor sangat sedikit,” papar Sidhi, panjang lebar. 

Salah Tempat, Buruk AkibatPermasalahan akan terjadi bila peletakan septic tank justru di lokasi yang bagus. Solusinya, tak ada jalan lain adalah memindahkan septic tank tersebut dari lokasi positif ke lokasi negatif dalam rumah agar hidup para penghuni tidak berantakan. 

Dalam sebuah, rumah ada empat kotak positif dan empat kotak negatif. Kotak positif kelompok Barat yaitu Barat Daya, Barat, Barat Laut dan Timur Laut, selain empat kotak tersebut adalah kotak negatif. Kotak positif kelompok Timur yaitu Tenggara, Timur, Utara dan Selatan, sisanya adalah  kotak negatif. 

Bila septic tank terletak di kotak baik sheng chi, kata Sidhi, maka sektor finansial akan terganggu, jika di kotak tien yi, urusan kesehatan akan terkena masalah, sementara jika di kotak yien nien, maka keharmonisan keluarga akan terganggu.

Sidhi menjelaskan, dari pengalamannya sebagai konsultan fengsui, jika rumah memiliki septic tank di daerah bagus, akan susah mengatasinya. “Ada sebuah kasus yang dihadapi seorang teman saya, dimana rumahnya memiliki septic tank di kotak yang paling bagus, yakni sheng chi. Hal ini memberi efek buruk bagi masalah finansialnya, dimana cash flow-nya negatif. Untuk mengatasinya, terpaksa dia harus keluar dulu dari rumah, sementara rumahnya diatur ulang. Sekarang, setelah masalahnya selesai, keuangannya membaik, bahkan saat ini dia bisa menyicil rumah baru,” jelas Sidhi.  
 
Anto ErawanAntoerawan@rumah.com

1 komentar: